Wisata Situs Taman Purbakala Cipari Kuningan

Taman Purbakala Cipari KuninganSitus Taman Purbakala Cipari terdapat di kaki Gunung Ciremai di Kampung Cipari, Desa Cigugur Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Taman Purbakala Cipari merupakan situs wisata sejarah yang menyajikan ragam peninggalan purbakala yang diperkirakan dari jaman megalitikum.

Bermula dengan ditemukannya batu peti kubur oleh Wijaya pada tahun 1971, akhirnya tempat ini dinyatakan sebagai situs purba dan kemudian didirikan taman dan museum yang diresmikan pada tahun 1978 oleh Prof. Dr Syarif Thayeb, Menteri Pendidikan Kebudayaan pada masa itu.

Menhir di Taman Purbakala Cipari Kuningan
Menhir di Taman Purbakala Cipari Kuningan

Menhir berukuran sangat besar, dengan lekuk yang meyerupai urat-urat yang kokoh, berada di bagian sebelah kiri Taman Purbakala Cipari. Menhir biasanya diletakkan di tempat tinggi untuk menghormati orang mati maupun yang hidup. Menhir dipercaya sebagai medium penghormatan dan tempat singgah roh nenek moyang ketika mereka datang.

Di tempat itu juga ada Dolmen, meja batu tempat pemujaan dan tempat menyimpan sesaji.

Masih di halaman taman terdapat sebidang tanah yangg dibatasi dengan batu-batuan membentuk lingkaran. Ditengahnya ada penanda batu tempat ditemukannya gelang. Area ini dinamakan Batu Temu gelang, menurut kisahnya tempat  ini digunakan sebagai tempat musyawarah.

Batu Peti Kubur
Batu Peti Kubur
Batu Temu Gelang
Batu Temu Gelang

 

Peti kubur batu ada di bagian tengah Taman Purbakala Cipari Kuningan. Di dalam dan di sekitar peti kubur batu ini ditemukan juga potongan peninggalan berupa periuk, kendi, piring, gelang batu, kapak perunggu, manik-manik serta tulang hewan. Peti kubur batu ini terbuat dari batuan andesit yang berbentuk seperti sebuah trapesium.

Peti kubur batu ini semula terbenam di bawah tanah sebelum akhirnya dikeluarkan dan diletakkan di atas area terbuka Taman Purbakala Cipari.

Sedangkan di dalam ruangan, tersimpan peninggalan purbakala berukuran kecil.

 

9
Shares
Share on Pinterest

Related Posts

Leave a reply


*