Nikmatnya Sate Kalong, Kuliner Malam Khas Cirebon

sate kalong cirebon 1Selain Nasi Jamblang dan Empal Gentong, Cirebon punya satu kuliner khas yang hanya bisa dinikmati pada malam hari. Sate Kalong namanya, makanan ini dijamin halal dan tidak menakutkan seperti namanya. Ya, Sate Kalong bukanlah terbuat dari daging kalong atau kelelawar, melainkan daging kerbau.

Lantas, kenapa disebut Sate Kalong?Padahal kan terbuat dari daging kerbau. Menurut salah satu pedagang Sate Kalong, Didi, kuliner malam khas Cirebon ini disebut Sate Kalong karena penjualnya, sejak zaman dulu, berjualan pada malam hari. “Sejak kakek saya berjualan sate, selalu keluar di malam hari,” kata Didi. Saat itu, sekitar 1930-an, Cirebon masih sangat sepi pada malam hari. Karena hanya berjualan pada malam hari itulah, Sate Kalong dijadikan salah satu pilihan kuliner malam khas Cirebon. Cocok bagi Anda yang sedang lapar di malam hari.

sate kalong cirebon 2Sate kalong dibuat dari daging kerbau. Pemilihan daging kerbau bukan tanpa sebab. Selain untuk membuat beda dengan sate lainnya, juga karena dahulu masih cukup banyak pemeluk agama Hindu di Cirebon. Untuk menghormati mereka yang tidak memakan sapi, dipilihlah daging kerbau ini untuk dibuat sate.

Membuat sate dari kerbau cukup mudah. Daging kerbau terlebih dahulu harus direbus. Setelah didapatkan tingkat kematangan yang diinginkan, daging pun dipotong-potong kecil lalu ditusuk. Daging ditusuk bersama daging, urat ditusuk bersama urat.

Sebelum proses pembakaran, daging kerbau dicelupkan ke bumbu rempah-rempah yang dicampur gula, sehingga akan berasa sedikit manis. Sedangkan sate dari urat, sebelum dibakar, juga akan dicelupkan ke bumbu beraroma rempah-rempah, tapi dengan rasa asin.

Selesai dibakar, sate diletakkan di bumbu kacang. Istimewanya, kacang dicampur dengan oncom. Setelah itu, sate diguyur dengan kaldu. Kaldu ini berasal dari air rebusan daging kerbau tadi yang sudah dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah. Jadi, sate kerbau ini pun kaya dengan rasa rempah dan nikmat untuk dimakan.

Anda penasaran ingin mencicipi Sate Kalong?Datang saja ke Cirebon. Apabila Anda memerlukan transportasi, jangan bingung, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil rental dari DIAS Rent Car. Anda bisa berkeliling kota Cirebon sekaligus menikmati kuliner khas Cirebon lainnya seperti Empal Gentong, Nasi Jamblang, Nasi Lengko, dan lainnya.

5
Shares
Share on Pinterest

Related Posts

1 comment

Rasanya enak banget nih kuliner sate kalong di Cirebon. Pertama denger sih kirain beneran kalong, taunya sate kerbau…

Leave a reply


*