Mencicipi Sedapnya Empal Gentong, Kuliner Khas Cirebon

Bagi Anda yang sedang berwisata ke Cirebon, jangan lupa mencicipi sedapnya Empal Gentong, kuliner khas Cirebon. Empal gentong merupakan salah satu makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat). Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

Empal Gentong Kuliner Khas CirebonSelain menggunakan kayu bakar dan gentong, makanan ini disajikan menggunakan kucai (Chlorella sorokiniana) dan sambal berupa cabai kering giling. Empal gentong dapat disajikan dengan nasi atau juga lontong. lontong menurut orang cirebon hanyalah beras yang dimasukan kedalam daun pisang yang sudah dibentuk silinder, tidak ada campuran lainnya, kemudian direbus selama 4 jam.

Ada beberapa tempat atau rumah makan terkenal yang menyediakan Empal Gentong Khas Cirebon, bisa dijadikan referensi bagi Anda yang ingin berwisata kuliner khas Cirebon. Adapun rumah makan tersebut antara lain :

  1. Empal Gentong Mang Dharma
  2. Empal Gentong Amarta
  3. Empal Gentong Haji Apud
  4. Empal Gentong Hj Dian

Masing-masing rumah makan tersebut memiliki cita rasa khas tersendiri, sehingga sudah terkenal dan tidak diragukan lagi kenikmatannya.

Kami DIAS Rental Mobil Cirebon, melayani jasa sewa dan rental mobil di Cirebon. Dengan didampingi sopir ramah dan berpengalaman, siap melayani Anda yang ingin berwisata kuliner khas Cirebon, terutama Empal Gentong.

5
Shares
Share on Pinterest

Related Posts

Leave a reply


*