Manfaat Serta Keuntungan Menggunakan Nitrogen Pada Ban Mobil & Motor

ban nitrogenSaat ini sering kita menjumpai ban kendaraan baik mobil atau motor dengan tutup pentil warna hijau di jalanan. Kendaraan dengan ban seperti ini menandakan bahwa kendaraan tersebut menggunakan gas nitrogen sebagai pengganti angin/udara biasa pada ban. Lantas, apa saja manfaat atau keuntungan menggunakan Nitrogen pada ban mobil dan motor?

Ban merupakan komponen penting pada kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Tekanan gas (angin) dalam ban perlu diperhatikan agar kinerja (grip/daya cengkram) ban terhadap jalan tetap optimal dan umur pakai ban menjadi lebih panjang. Salah satu cara untuk mengoptimalkan kinerja ban dan kenyamanan dalam berkendara adalah dengan mengisi Nitrogen pada ban kendaraan. Sebagian besar menyatakan penggunaan nitrogen membuat ban lebih empuk, malah ada yang nekat menyatakan kendaraan jadi hemat bahan bakar. Gas nitrogen sebagai pengisi ban Dikarenakan partikel gas Nitrogen (N2) lebih besar dibandingkan Oksigen (O2) maka N2 dapat mencegah terjadinya kebocoran (rembesan) yang menyebabkan berkurangnya tekanan gas (angin) pada ban.

Berikut manfaat dan keuntungan menggunakan Nitrogen pada ban mobil atau sepeda motor :

  1. Tekanan ban akan lebih awet, dengan kata lain tekanan akan terjaga dalam jangka waktu cukup lama dibandiingkan menggunakan angin biasa.
  2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal karena grip yang baik.
  3. Bisa menghemat BBM. Hal ini dikarenakan tekanan ban yang tepat, dapat meringankan kerja mesin.
  4. Memperpanjang umur pemakaian ban.
1
Shares
Share on Pinterest
There are no images.

Related Posts

Leave a reply


*