Berenang Bersama Ikan “Dewa” di Obyek Wisata Cibulan Kuningan

Pamandian-Cibulan-KuninganJika Anda berkunjung ke Cirebon, tidak ada salahnya mampir mengunjungi obyek wisata Pemandian Cibulan, Kuningan. Pemandian ini menjadi salah satu objek wisata tertua di daerah Kuningan. Mandi dan berenang bersama Ikan Dewa di obyek wisata Cibulan Kuningan, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Objek wisata Cibulan terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Cirebon, Jawa Barat. Objek wisata ini diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan saat itu, yaitu R. A. A. Mohamand Achmad. sehingga layak bila lokasi wisata ini menjadi salah satu yang tertua di daerahnya. Perkembangannya, pada tahun 1960, Cibulan secara permanen dibangun menjadi kolam renang yang dibuka untuk umum.

Pamandian-Cibulan-Kuningan-2Ikan dewa yang menghuni kolam pemandian tersebut dikeramatkan oleh warga setempat disebut juga dengan ikan kancra bodas atau dalam bahasa latin ikan tersebut disebut cyprinus carpico.
Para wisatawan bisa bermain sepuasnya dengan ikan-ikan tersebut, mereka diperbolehkan untuk memberi makan dan menangkap namun tidak untuk di konsumsi atau dibawa pulang hanya menyentuh atau sekedar berfoto dengan ikan tersebut.

Kawasan Objek Wisata Cibulan memiliki dua kolam besar dengan ukuran 35 x 15 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter. Sedangkan kolam kedua berukuran 45 x 15 meter dengan kedalaman yang berbeda, sebagian dalamnya 60 sentimeter sedangkan bagian lain berkedalaman sekitar 120 sentimeter. Kedua kolam tersebut airnya selalu bersih dan terjaga, para pengelola selalu menguras kolam jika air dianggap sudah tidak bersih.
Fasilitas pendukung lainnya di tempat ini adalah tempat perlengkapan berenang, Kamar ganti pakaian, kamar kecil dan kamar mandi untuk tempat bilas seusai berenang, kedai makanan dan jajanan, taman dan gazebo.

Recent search terms:

3
Shares
Share on Pinterest

Related Posts

Leave a reply


*